Rabu, 21 April 2010

2 Mata-mata Korea Utara Ditangkap Atas Tuduhan Pembunuhan


SEOUL - Pihak berwenang Korea Selatan (Korsel) menangkap dua warga Korea Utara (Korut) yang berpura-pura membelot ke Korsel. Kedua tersangka tersebut berencana untuk membunuh pejabat Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan.

Kedua tersangka tersebut rencananya ditugaskan untuk membunuh Hwang Jang Yop, seorang tokoh senior Partai Pekerja Korea Utara. Hwang yang membelot ke Korsel pada 1997 silam, pernah bertindak sebagai mentor dari pemimpin Korut Kim Jong Il. Demikian diberitakan Associated Press, Rabu (21/4/2010).

Hwang sudah menulis buku dan memberikan kuliah yang sebagaian besar mengecam rezim pemerintahan Kim Jong Il, sebagai rezim totalitarian. Saat ini Hwang hidup dalam pengawasan rahasia dan mendapatkan pengawalan ketat dari Pemerintah Korea Selatan.

Pihak berwenang Korsel sendiri berhasil menangkap dua orang warga Korut yang hendak membunuh Hwang tersebut pada hari Selasa 20 April. Keduanya merupakan anggota militer Korut yang berpangkat mayor dan memiliki tugas jelas untuk membunuh Hwang yang kini berusia 87 tahun. Saat diperiksa oleh penyidik, kedua tersangka mengaku diberikan tugas untuk menggorok tenggorokan si pembelot.

kedua tersangka yang bernama Kim Myong Ho dan Dong Myong Kwan ini, memasuki wilayah Korea Selatan pada bulan Januari dan Februari melalui Thailand. Rencana mereka terungkap setelah pihak berwenang melakukan pemeriksaan intensif tentang motif mereka membelot dari Korut.

Juru bicara dari Dinas Intelijen Nasional Korea Selatan mengkonfirmasi penangkapan dari kedua tersangka. Namun pihak intelijen menolak memberikan detail tentang penangkapan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Arhy Blog. Diberdayakan oleh Blogger.